Thursday 29 July 2010

Sopan Santun dan Tata Tertib Bersepeda Motor

Pada nonton tipi ato gawe di Jakarta ato suka jalan-jalan aja di ibukota naek motor? Mesti tau masalah ini toh? Gua bukan mau menanggapi atau bahkan mengkritisasi, tidak juga menunjukkan pro atau kontra atas upaya pemerintah dalam mengurangi sepeda motor dijalanan ibukota. Emang pasti dari setiap upaya ada sisi positif dan negatifnya. Gua cuma mau ngajak berpikir tentang apakah bermotor itu jelek atau bagus, mari kita sadari segala sesuatu yang harus kita sadari dari hal ini sehingga ada jalan keluar yang baik.
Gua pribadi seorang pengendara motor yang mempunyai banyak sahabat dan kerabat yang juga pengendara motor mari angkat gelas dan bersulang yay!, maka gua tau sedikitnya tanggapan, reaksi, atau bahkan perasaan mereka akan hal ini. Beberapa ada yang keki, beberapa ada yang malahan pro (mungkin rejekinya dah ngangkat dikit buat ganti motornya jadi mobil, what a traitor..), dan beberapa ada yang diem aja (ga tau kontra, ga tau pro, yang penting ngambang slalu!). Tapi sebagian besar dari pengendara motor pastinya keberatan. Mobilitas para pengendara motor jadi terbatas, karena berkendara motor adalah salah satu solusi untuk menghindari mencret dijalan macet dijalan, jadi bisa sampai pada tujuan tepat waktu. Tapi sadarilah sesuatu, kalau semua orang sejabodetabek secara serempak berpikiran untuk berkumpul di ibukota dan buang air kecil pada saat yang bersamaan, maka jakarta bisa banjir, begitu juga dengan berkendara motor. Coba tengok kearah jalan ibukota kita secara objektif.

Selama ini kita hanya mendengar angka, seberapa banyak sepeda motor yang memenuhi jalan ibukota, dan other bullshit. Yang bisa kita lihat kalau sedang berkendara hanyalah buritan mobil lain, knalpot, dan beberapa orang yang mengesalkan dijalanan (selalu ada orang seperti ini), tapi kalau kita sendiri yang melihat kejalan, kita pasti setidaknya menggelengkan kepala terheran-heran akan parahnya kondisi lalu lintas kita. Gua nggak mau ngajak berpikir ilmiah, hitung-hitungan, fact-finding, nyari teori, konsultasi ke dosen pembimbing. Gua cuma mau ngajak mikir sederhana. Kita tengok gimana bisa segitu banyak sepeda motor di ibukota.
  1. Setiap tahun ada aja model baru dari vendor sepeda motor. Yang bisa wus wus nyelip2 lah, yang hemat bbm lah, sampe yang model keren lah.
  2. Penjualannya ga lagi susah, bisa kredit bahkan tanpa DP (Duit Pangkal Down Payment). Bahkan dikampung ato pelosok yang ndeso sekalipun ada aja dealernya (Pengusaha lokal yang jeli ngeliat pasar dari rakyat kecil)
  3. SIM atau Surat Ijin Menikah Mengemudi yang kini sangat mudah didapat, bahkan tidak semua pemilik SIM paham betul tata cara berkendara.
  4. Urbanisasi tidak terkontrol, atas alasan diatas, semakin bertambah padatnya penduduk di Jabodetabek, akan semakin banyak pula sepeda motor yang terbeli (atau terbawa dari kampung).
  5. Jakarta emang macet to begin with, jadi berkendara motor sempat menjadi solusi mengatasi terjebak macet dijalan.
  6. Berkendara motor bisa melewati jalan-jalan alternatif serta jalan tikus dan naik trotoar
  7. Dengan berkendara sepeda motor, hal jadi mudah. Parkir ngga susah, nyuci steam ga mahal, bisa disimpen masuk kerumah, bensin ga boros, sederhananya, lebih simpel dan hemat.
Dengan alasan diatas dan atau masih banyak lagi alasan yang belum (sempat) disebutkan, maka sepeda motor adalah hal yang bisa kita lihat paling lama selang 2 detik dijalanan kota besar. Coba dipikirkan jangan muluk-muluk, mulai saja dari fakta yang tadi disebutkan diatas, kita introspeksi diri mengapa sepeda motor bisa menjadi salah satu penyebab kemacetan (selain angkot dan bis yang suka ngetem seenak jidat). Sebagai pengendara sepeda motor, kita ingin cepat sampai tujuan, maka kita tidak jarang menghalalkan banyak cara yang memungkinkan dalam proses pengerjaannya.
  • Kita langsung tancep gas ngusahain sebisa mungkin untuk jadi yang terdepan setelah lampu berubah hijau; Kalo semua pengendara sepeda motor melakukan ini, maka kendaraan lain akan terkena delay dalam akselerasi karena terhambat banyaknya sepeda motor yang ingin menjadi yang terdepan dan hal ini menyebabkan penyempitan kelancaran berkendara.
  • Berhenti sampe maksain kegaris paling depan pas lampu merah (kadang sampe ngelewatin bates dan kena tanggung diperapatan); Hal ini ga usah dipikirkan susah-susah, kendaraan lain dari arah yang berbeda akan terpampat diperempatan.
  • Mengusahakan mencari celah agar bisa terus maju dan melanjutkan perjalanan didalam kemacetan bahkan sampe maksain malang melintang ditengah lalu lintas padat; Sadarilah jika semua pengendara sepeda motor melakukan ini sudah tentu lalu lintas yang padat malah menjadi total solid yang akan susah terurai kembali. (Tau mekanisme sembelit? Kalo 'keras' kan BAB jadi ga lancar..).
  • Naik trotoar; Mau kemana? Lalu lintas dijalan udah macet, ini malah memperburuk keadaan, pejalan kaki jadi ga bisa menikmati perjalanan mereka. Liat poin diatas, udah solid ditambah solid lagi, yang ada malah bisa 'sembelit bertahun tahun'.
  • Berkendara tidak sopan, memotong jalur lain secara mendadak, nyebabin kecelakaan; Jalanan lancar aja bisa langsung macet kalo ada kecelakaan.
  • Rame-rame sesama pengendara sepeda motor berteduh dibawah jembatan layang pada saat hujan; Perhatikanlah bahwa berkendara sepeda motor mempunyai risiko tersendiri, salah satunya terkena hujan. Kalo pada ngelakonin ini jelas jalanan bisa macet.
  • Masukan pembaca sendiri..
Bukan bermaksud mengkritisasi, gua sendiri sekali lagi adalah pengendara sepeda motor (it's likely kita semua pengendara sepeda motor, ga tua ga muda ga laki ga perempuan ga yang punya mobil ga yang punya patas), So kenapa kita ngga coba untuk lebih sopan dalam berkendara? Mungkin dengan begitu lalu lintas bisa lebih baik walaupun masih macet ('Lebih baik' itu lebih baik daripada 'tidak sama sekali'). Jadi, gimana kalo kita sebagai pengendara motor mencoba untuk lebih sopan dalam berkendara dan mematuhi tata tertib? Dengan begitu mungkin pemerintah bisa mentolerir jumlah kendaraan bermotor dan tidak terlalu membatasi. Karena biar bagaimanapun gua juga tidak ingin terbatas mobilitas dalam berkendara sepeda motor, gimana dengan pembaca sekalian?
  1. Hal yang harus kita pikirkan itu jangan berangkat terlalu mepet dari waktu yang harus dicapai ditempat tujuan. Bisa dimulai dengan bangun lebih awal, ngga terlalu malas dan mengulur waktu untuk berangkat. Prediksikan dengan tepat lama perjalanan lo menuju tempat tujuan dengan waktu berangkat, jangan sampe ngelebihin jam yang ditetapkan untuk sampai ditujuan (jam masuk kantor, jam kuliah, jam janjian/meeting). Lebih baik sampai lebih awal (dan bengong bareng OB) ketimbang telat. Dengan begitu kita bisa berkendara dengan santai dan tenang.
  2. Jangan kebat-kebut nyengsol-nyelip kiri kanan, lo bukan mau nyelamatin sandera ditangan teroris atau nyelametin Mary Jane dari Venom, lo juga bukan Rossi ato Stoner disirkuit, jadi santai aja kalo sebates telat ngantor ato kuliah, kalo telat jangan nyalahin jalanan macet, introspeksi diri apa emang kita yang telat bangun atau ngaret pas berangkat.
  3. Ngalah dikit ngasi jalan buat pejalan kaki yang mau nyebrang ngga susah koq, malah dapet pahala. Jangan terus terabas nyari celah kosong padahal pejalan kakinya udah ditengah proses nyebrang, kalo ketabrak kan jadi macet. Kalopun ngga ketabrak lo pasti dapet sumpah serapah dari mereka (Mati lo! Gua sumpahin kepeleset lo dijalanan, kelindes truk!) Nah kalo sumpah serapahnya kesampean, kecelakaan juga, macet juga deh gara-gara mayat lo melintang ditengah jalan cuma ditutupin koran.
  4. Ngga cuma pejalan kaki, kalo ada mobil keluar dari parkiran, atau keluar dari gang, ngga usah keras kepala mesti dilewatin, maksain nyari celah ampe ketrotoar dipepet, malah bikin macet kalo arahnya kekunci trus mobilnya ga bisa jalan, malang melintang dijalanan.
  5. Jadi yang terdepan pas lampu merah ngga masalah, tapi liat kapasitas lebar jalanan, kalo udah penuh garis depannya lo jangan maksa nyempil-nyempil dikiri kanan bahkan sampe nyumbat jalur 'Belok kiri boleh langsung'.
  6. Yang utama, kalo macet nikmatin aja, jangan paksain mengadakan celah yang tidak ada, nikmatin jalur, jangan rumput tetangga lebih hijau trus lo maen potong kejalur laen pada saat macet total. Udah gitu jangan memadatkan diri mengisi ruang kosong disetiap sudut nyempil jalan, semakin lo padetin itu jalanan, semakin ngga jalan lalu lintasnya.
  7. Trotoar buat pejalan kaki. Di SD diajarin, kalo ngga ngerti, yuk kita balik lagi ke SD, belajar PMP.
  8. Pake helm, jaket, sepatu yang sesuai buat berkendara motor, jadi ga masuk angin, pake pula tas anti air. Sepeda motor dirancang bukan buat nahan ujan, jadi terima risikonya kalo turun ujan, jangan ngeliat fly over dikit langsung berenti dibawahnya. Kalo mau neduh atau pake jas ujan, tahan sedikitnya sampe ketemu tempat berteduh yang layak dan ngga mengganggu lalu lintas. Kalo mau nyalahin saran ini atas laptop lo yang rusak kena ujan, lo salah. Sekali lagi itu resiko pengendara motor, belilah tas anti air. Gua pernah kerusakkan ipod sama hape pas kena ujan naek motor, gua ga nyalahin siapa-siapa, setidaknya gua rela ngorbanin benda itu untuk tidak berteduh disembarang tempat yang bisa bikin macet. It's a hard thing to do, namun mulia dan menyangkut kepentingan orang banyak.
  9. Coba jangan setiap hari naek motor (Berlaku juga untuk pengendara mobil terutama yang satu kepala satu mobil sehingga sekeluarga punya mobil masing-masing...), sesekali naik angkutan umum tidak ada salahnya, bertemu wajah yang belum pernah kita lihat (asal berhati-hati). Kalau setiap orang berpikiran seperti ini, tentunya kendaraan umum pun akan cepat penuh terisi oleh pejalan kaki, jadi tidak akan ngetem terlalu lama dan cukup bisa mengatasi kemacetan. Baru kemudian kalian akan merasakan perasaan orang-orang pejalan kaki terhadap para pengendara kendaraan bermotor (Kepulan asap kendaraan, penuhnya jalanan sehingga sulit menyebrang, kesenjangan sosial, kemacetan, tabrak lari, dll).
  10. Berhati-hati dalam berkendara, spion bukan buat hiasan, ngaca, ato bahkan buat dilepas, tapi buat dipake liat kebelakang, jangan maen banting kiri banting kanan ga liat-liat belakang. Tubuh kita (bernyawa atau tidak) bakal bikin susah kalo terkapar dijalan gara-gara kecelakaan.
  11. Sekali lagi, santai aja dalam berkendara, jangan terburu-buru, jangan maksain ditengah macet, lo ngga bakal telat kalo lo ngelakonin hal nomer 1. Lagian semua saran ini bakal ngelatih kesabaran. Orang sabar bukan hanya disayang Tuhan, tapi disukai dan akan menarik simpati orang lain.
Itu sekedar pemikiran dan masukkan dari gua. Gua bukan pecinta macet, gua ngga suka umur gua abis dijalan, disatu sisi, gua suka berkendara sepeda motor dan ingin hal ini tetap lestari, bisa bebas berkendara dijalan ibukota, menikmati perjalanan dan suasana. Jadi kalo kita tetap sopan dan menjaga ketertiban dalam berkendara, kita tidak akan jadi kambing hitam dari kemacetan. Setelah kita semua tertib dalam berkendara sepeda motor, baru kemudian kita bisa menyalahkan faktor lain penyebab kemacetan dijalan. Kalo ada kata yang kurang berkenan atau menyerang, gua mohon maaf dan ga bermaksud kesitu. Percaya sama gua, satu satunya yang gua serang pas nulis adalah keyboard gua yang udah ilang semua hurupnya.
Semoga kita para pengendara sepeda motor bisa lebih baik kedepannya.

No comments:

Post a Comment